Kamis, 18 Oktober 2018

Jangan lakukan ini di Jepang!

1. Meneriaki Nama Orang di Tempat Keramaian

Sangat memalukan dan pamali sekali jika dilakukan. Saat ingin memanggil teman yang jaraknya jauh, kita terbiasa berteriak sekencang-kencangnya agar dia menoleh. Tapi jangan pernah lakukan ini di Jepang karena dianggap belagu dan tidak sopan. Berlarilah mendekatinya. Lalu katakan baik-baik apa yang kamu inginkan. Dengan begitu dia juga akan merespon balik dengan baik pula.


2. Menanyakan Status Pernikahan Pada Orang yang Baru Dikenal

Berbeda dengan di Indonesia di mana bertanya tentang keluarga dianggap sangan menarik dan membanggakan. Apalagi jika sudah punya anak yang lucu dan menggemaskan. Tapi tidak bila berbicara dengan orang Jepang. Jika berkenalan, jangan pernah bertanya apakah ia sudah menikah, punya anak berapa, suami atau istrinya di mana. Pertanyaan itu dianggap personal hingga sangat kurang ajar jika dibahas. Kecuali dia bercerita sendiri.

3. Membiarkan Dering Telepon Ketika Masuk Restoran

Makan adalah sesuatu yang sangat dihormati. Meski hanya sepotong sushi dan segelas teh hijau, mereka punya ritual khusus. Nah, begitu juga saat makan di restoran. Beberapa temat ada yang terang-terangan menulis larangan membunyikan dering telpon atau bahkan menelpon dan berbicara saat makan. Karena selain kehilangan kenikmatan makan, juga mengganggu pengunjung lain yang sedang menyantap hidangan. Bukannya nikmat, malah sebal kan dengan kita yang berisik dan tertawa ngakak.

4. Ga Bawa Tas Belanja Sendiri Saat ke Supermarket

Berita tentang kantong kresek yang diharuskan membeli di tanah air sempat menghebohkan ranah ibu-ibu rumah tangga yang pengeluaran bulanannya semakin melonjak. Padahal di Jepang sendiri, kantong kresek sudah dijual sejak lama ketika kita berbelanja.

Saat membayar di kasir, petugas akan tanya apakah kita butuh kantong kresek. Jika tidak, mereka tak akan memberikan karena menanggap kita sudah membawa tas belanja sendiri. Jika tidak membawa, mereka akan tanya butuh kresek berapa. Karena berarti kita membeli. Dan selanjutnya, kita akan memasukkan sendiri barang-barang ke tas belanja tanpa dibantu petugas kasir. Belajar mandiri, ya!

5. Sstt!! Berisik!

Nah, ini penting. Saat di manapun dan kapanpun, perhatikan dengan volume bicara kita. Meski bepergian dengan teman-teman, jangan sampai berlebihan saat mengobrol. Tidak tertawa dan berbicara terlalu keras. Intinya mah jangan berisik. Apalagi saat di kereta. Dilarang berbicara karena mengganggu mereka yang lelah seharian bekerja. Kan malu-maluin kalau mengganggu mereka yang ingin tidur di sepanjang jalan pulang. Jaga ketenangan ya, guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

One Day One Post

Saya tak pernah benar-benar mengerti. Sebuah perkumpulan manusia dengan satu misi. Lucu jika kemudian ada yang bertahan dan tereliminasi. Bu...